8 Jurusan Kuliah yang Menjamin pekerjaan dan Masa Depan

Adverstisement
Pixabay.com
Saat mau menuju pintu universitas tentunya Anda akan dihadapi dengan pertanyaan yang sangat membingungkan, jurusan apa yang akan Anda pilih nantinya, sebab banyak mahasiswa yang mengeluh karena terlanjur salah memilih jurusan.Atau jangan sampai nanti kuliah setengah jalan sudah lempar handuk karena berbagai macam alasan.

Oleh karena demikian maka kita perlu memperhatikan dengan sebaik-baiknya jurusan yang akan kita pilih, apakah bidang itu sesuai dengan potensi yang kita miliki? Ketika selesai nanti, apakah ada jaminan untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah?

Atau Anda akan menghadapi banyak saingan karena jurusan yang Anda tetapkan hanya punya sedikit kesempatan kerja? Itu semua merupakan hal yang harus Anda timbang-timbang terlebih dahulu sebelum nyemplung ke universitas.

Daripada khawatir dan galau setengah mati, silakan cek delapan jurusan kuliah yang kami rangkum berikut ini dengan lapangan kerja paling luas, Atau paling tidak Anda akan mendapatkan skil yang akan berguna untuk dipraktekkan nanti ketika selesai kuliah.

Beberapa diantaranya merupakan hasil survei yang telah dilakukan Higher Education Statistics Agency (HESA) di Inggris yang dikutip oleh Telegraph. Dan kami yakin, diantaranya ada yang Anda minati.

1. Jurusan Kedokteran

jurusan kedokteran

Sudah tidak diragukan lagi, jurusan ini membuka kesempatan kerja yang begitu luas untuk lulusannya. Namun untuk menjadi seorang dokter bukan perkara yang mudah, karena Anda harus menempuh pendidikan yang amat panjang dengan menghabiskan biaya yang tidak sedikit pula, akan tetapi it’s worth it. Ketika lulus nanti, Anda akan kebingungan menerima tawaran kerja yang datang dari segala arah.


2. Jurusan Pertanian

jurusan pertanian

Negara kita merupakan negara agraris yang seharusnya menjadi lumbung pangan dunia. Namun hal yang sangat kita sayangkan, yang tertarik untuk berkonsentrasi di bidang ini jumlahnya hanya bisa dihitung jari.

Banyak alasan yang melatarbelakangi mereka, salah satunya karena jurusan itu dianggap kurang tenar dibandingkan dengan jurusan lainnya, Mindset itu belum tepat, kuliah bukan hanya saja mencari yang wah-wah saja, tapi juga harus pandai melihat prospek ke depan.

Sudah saatnya kita sama-sama membuka cakrawala berpikir, jika ditelisik lebih mendalam, jurusan ini memiliki lapangan kerja yang lumayan luas. Lulusan pertanian bisa langsung diterima menjadi penyuluh pertanian, peneliti pertanian, ahli tanaman, pendidik pertanian, ahli budidaya tanaman, dan lain-lain.


3. Jurusan Kelautan dan Perikanan 

lab perikanan

Di zaman yang serba modern ini, sudah bukan rahasia lagi, bahwa kalau jurusan ini salah satu yang paling berpotensi mendapatkan lapangan pekerjaan dengan mudah. Kehadiran Ibu Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, telah membawa bidang perikanan memasuki babak baru, pada tahun 2015 hingga saat ini bidang maritim paling disorot.

Program Menteri Susi untuk fokus dalam bidang laut merupakan keputusan yang sangat tepat, karena Indonesia terdiri dari 70 persen laut dan sisanya adalah daratan, maka banyak memerlukan tenaga kerja yang benar-mengerti seluk beluk tentang laut dan ikan.

Jadi, bagi Anda yang mendalami ilmu kelautan dan perikanan jangan ragu lagi ya untuk melangkah lebih jauh ke depan, pelajari sedalam-dalamnya, ketika finish nanti, Bak gayung bersambut, Anda akan segera mendapatkan pekerjaan dengan muda seperti yang sobat harapkan.


4. Jurusan Teknik Informatika

teknik informatika

Di zaman  teknologi  digital seperti saat ini, jurusan Teknik Informatika menjadi idola banyak kalangan karena dianggap lulusannya paling mudah mencari pekerjaan, salah satunya menjadi `blogger` hebat.

Meski pun persaingan untuk bisa menembus prodi Informatika juga terbilang sangat sulit, namun lulusannya akan mendapatkan pekerjaan yang bergengsi dan bergaji selangit.

Lulusan jurusan Informatika kini banyak dicari bukan hanya untuk perusahaan start-up, tetapi juga untuk perusahaan terkemuka, dan badan rahasia negara! 

5. Jurusan Pendidikan

jrurusan pendidikan

Pendidikan juga salah satu jurusan yang berkesempatan tinggi dalam mendapatkan pekerjaan. Minimnya tenaga pengajar di Indonesia menjadi faktor utama kenapa jurusan ini membuka lapangan kerja yang lumayan luas, terutama bila sobat memiliki bakat terpendam sebagai seorang pendidik.

Menjadi pengajar memang salah satu pekerjaan terhormat di Indonesia. Terlepas dari itu semua, kondisi kesejahteraan guru diprediksikan akan terus  meningkat dengan berbagai tunjangan dan kemudahan lainnya yang ditawarkan saat ini.


6. Jurusan Hukum

hukum

Masalah hukum yang tak pernah ada ujungnya membuat jurusan ini semakin laku. Selain terkesan keren dan berkualitas tinggi, lulusan jurusan hukum juga berpotensi mendapatkan banyak kesempatan kerja di berbagai bidang. Kelebihan lain yang ditawarkan, yaitu gajinya juga lumayan memuaskan.

Lulusan jurusan ini bisa berkarier menjadi pengacara,notaris, polisi, militer, hingga menjadi pegawai negeri sipil (PNS).


7.jurusan Akuntansi

akuntantansi

Bidang akuntansi atau pada zaman dahulu kala kerap disebut sebagai tata buku, Jurusan ini merupakan bidang yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan keuangan.

Baca juga: 6 Tanda Seorang Pria Lagi Jatuh Cinta Padamu

Hal yang menarik diketahui, jasa lulusan jurusan akuntansi ini banyak dibutuhkan oleh segala bidang usaha, alasannya karena semua perusahaan pasti memerlukan jasa pencatatan keuangan. Karena dirasa penting, lulusan jurusan ini tidak akan menjadi penganggur dalam jangka waktu yang lama.

8.Jurusan Bahasa
bahasa

Tidak benar jika Anda menyepelekan jurusan ini. Tak lain, karena lapangan kerja untuk lulusannya cukup membentang luas seperti langit dan bumi.

Terlebih lagi  jika Anda berkonsentrasi pada jenis bahasa yang lagi booming dalam dunia bisnis, Jepang dan Cina, bahasa Korea atau bahasa yang jarang diketahui orang seperti bahasa Arab, Rusia dan lain-lain.

Banyak lembaga internasional atau perusahaan multinasional yang mencari orang-orang ahli bahasa untuk bekerjasama dengan mereka. Bahkan kemungkinan besar gajinya lebih tinggi dari bidang lainnya.

Itulah delapan  jurusan kuliah yang menawarkan lowongan pekerjaan tinggi dan tentunya bagi siapa saja yang ingin menggelutinya tidak akan sia-sia.

Selain itu jurusan-jurusan tersebut juga memberikan skil yang istimewa untuk Anda yang tidak ingin bekerja di tempat orang lain atau instansi pemerintah.

Itulah 8 jurusan yang menawarkan lapangan kerja mudah, dirangkul dari banyak sumber, jangan lupa berbagi untuk orang lain juga, salam Habaportal.com.


Adverstisement

Subscribe to receive free email updates:

Adverstisement