7 Rahasia Menjaga Kekuatan dan Kesehatan Kuku

"trik merawat kuku"

Kamu suka mempercantik kuku dengan nail art terbaru? Jika iya, sebelum menghias kuku kamu, pastikan kita menjaga kekuatan dan kesehatan kuku,supaya  tidak mudah rapuh.
Dana Stern, spesialis kulit dan kuku dari New York City memberikan 7 tip cara memperkuat kuku.

1. Pakai sarung tangan pada saat cuci piring

Jangan biarkan tangan terpapar lama terkena air. Menurut Stern, kuku menyerap air lebih cepat daripada kulit. "Pada saat air secara konstan bergerak masuk dan keluar kuku, air itu memberikan ketegangan luar biasa pada sel-sel kuku yang lembut," kata dia.
Terlalu banyak kontak dengan air bisa menyebabkan kuku jadi lemah dan lunak sehingga rentan untuk patah.

2. Dipoles supaya kuat

Lapisan kutek membantu melindungi kuku dan menjaga sel-sel kuku tetap kuat. Namun Stern merekomendasikan formula cat kuku yang tak mengandung dibutyl phthalate, toluene, formaldehyde, kamper, dan bahan kimia formaldehyde resin.Jangan lewatkan pula pemolesan base coat dan topcoat, karena keduanya memberikan lapisan perlindungan tambahan untuk kuku.

3. Jauhi aseton

Hal ini perlu karena bisa membuat kuku jadi kering. Mengapa? Penghilang cat kuku adalah musuh no 1 untuk kuku sehat. Lebih khusus lagi, aseton dalam penghilang kutek mengeringkan dan membuat kuku rapuh.

Stern merekomendasikan untuk tak menggunakan pembersih cat kuku lebih dari dua kali seminggu. Bila harus melakukannya, gunakan pembersih yang bebas aseton.
Ketika kita ingin melakukan perawatan kuku di salon dan menbisai kuku terkelupas dan pecah-pecah, Stern merekomendasikan istirahat 2-4 minggu bagi kuku untuk memperbaiki kekuatannya.

4. Hindari hand sanitizer

Cairan pembersih tangan ini memang membunuh kuman tenamun juga menghilangkan kelembaban di kuku. Bila tak menemukan sabun dan air untuk membersihkan tangan, Stern menyarankan menggunakan cuci tangan menggunakan sabun berpelembab yang dibawa di tas menggunakan botol kecil.

5. Oleskan minyak kutikula

Kutikula merupakan lapisan pelindung alami kuku. Merusaknya berarti melemahkan kuku dan membuat kita berisiko kena infeksi bakteri.
Semua orang bisa mengambil manfaat melapisi kuku dengan minyak kutikel untuk melembabkan kuku.


Orang yang senang berenang sebaiknya rajin mengoleskan minyak kutikula ke kuku, karena air berklorin mengeringkan kutikula secara brutal.
Melapisi kuku dengan cat kuku dan minyak kutikula akan melindungi kuku dari kekeringan setelah berenang.

6. Minum suplemen biotin

"Vitamin B terbukti membantu melindungi kuku," kata Stern. Minumlah 2-3 mg sehari selama empat hingga enam bulan.
Dibutuhkan waktu selama itu bagi kuku untuk benar-benar tumbuh dan biotin membangun kuku baru yang lebih kuat.

7. Ubah pola makan

Sel-sel kulit banyak mengandung protein keratin. Menambahkan protein pada pola makan bisa menjadi penguat kuku. Tambahkan pula makanan yang banyak kandungan biotin seperti telur, kacang-kacangan, salmon dan almon. Kuku lemah biasanya merupakan hasil dari faktor genetika. Bila kuku tampak rapuh, bisa saja itu gejala dari masalah kesehatan yang lebih besar.

"Hipotiroid, Raynaud's syndrome, dan kekurangan protein bisa membuat kuku jadi rapuh dan lemah," kata Stern. Periksakan diri ke dokter untuk menbisakan penyebabnya.

Subscribe to receive free email updates: