Apa Saja Manfaat Ikan Teri Untuk Kesehatan

 Ikan Teri banyak digemari orang karena rasanya gurih dan lezat. Teri memiliki ciri khas yang tidak dimiliki ikan lain, yaitu, bentuknya kecil-kecil dengan panjang 1 cm hingga 6 cm.
"kebaikan ikan teri"

Teri biasanya dijual sudah dalam kondisi kering. Berbagai ukuran dijual dan rasanya pun berbeda, ada teri yang asin, ada pula teri yang hambar (tidak berasa). Tinggal tergantung selera, sukanya yang mana.

Ikan Teri meskipun kecil ternyata mengandung banyak sekali kandungan gizi beserta vitamin. Maka tidak heran jika ikan ini mendapatkan julukan kecil-kecil banyak manfaat. Kalau di negara kita, Teri yang yang masyhur adalah Teri Medan. Biasanya ikan ini dimasak dengan karamel gula dan kacang tanah goreng. Rasanya pun sangat menggoda, membuat ketagiahan oi. Ikan Teri kerap dianggap sebagai simbol kesederhanaan rakyat bawahan. Biasanya ikan ini dijadikan lauk di sebungkus nasi kucing, nasi khas angkringan.

Ngomong-ngomong masalah manfaat, banyak sekali manfaat yang ada sama ikan teri ini, ini manfaat dari ikan teri, simak sampai habis:

1. Zat besi

Bukan hanya saja pada nasi dan ubi-ubian, dalam tubuh ikan teri juga banyak kandungan zat besi. Setiap 100 gr ikan teri segar memiliki 3.9 mg zat besi. Tentunya  kandungan zat besi ini bisa sangat bermanfaat serta beguna bagi tubuh manusia.

Ini manfaat zat besi untuk kesehatan tubuh

Menambah darah
Mencegah terjadinya anemia
Dapat mempercepat proses penyembuhan dari luka
Menghindari terjadinya pusing-pusing

2. Vitamin A

Ternyata tidak hanya saja sayur-sayuran yang ada kandugan vit A-nya, pada ikan teri juga ada vitamin yang satu ini, walaupun dalam jumlah yang tidak banyak. kandungan vit A pada teri tetap dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan vitamin A kamu.

Apa manfaat vit A buat Tubuh?

Menjaga kesehatan mata
Kandungan vitamin A pada ikan teri segar sendiri adalah sebesar 43 IU per 100 gr ikan teri segar.
Baik bagi kesehatan tubuh
Dapat menjadi antioksidan
Menjaga daya tahan dan imunitas tubuh
Mencegah terjadinya kelainan dan gangguan pada mata.

3. Vitamin B1

Ikan teri juga terbukti memiliki kandungan vitamin B1, namun kandungannya hanya sekira 0.24 mg vitamin B1 per 100 gr ikan teri yang masih fresh. Akan tetapi tetap saja vitamin B1 memberikan manfaat yang sehat untuk tubuh.

ini manfaatnya

Menjaga kesehatan tubuh
Membantu proses oksidasi pada tubuh
Memberikan dan memproses energi yang masuk ke dalam tubuh.

4. Lemak

Jika dibandingkan dengan kandungan protein dan karbohidrat yang ada sama ikan teri, lemak yang terkandung di dalam ikan teri tergolong rendah, yaitu hanya sebanyak 1.4 gr lemak per 100 gr ikan teri segar. Kamu yang sedang membuat program diet, akan sangat membantu dengan ikan ini, pasalnya ikan teri baik untuk kita yang sedang diet.

5. Protein

Anda bisa saja melihat ikan ini ukurannya mungil, tapi anda harus ingat, nilai gizi ini berlaku untuk ikan teri yang masih segar serta bukan jenis ikan teri yang sudah diasinkan. Dalam 100 gr ikan teri yang masih fresh, terkandung 10.3 gr protein. Protein ini sudah barang tentu sangat baik bagi tubuh manusia. 

Apa aja manfaat protein untuk tubuh?

Menambah masa otot
Membentuk otot
Baik untuk masa pertumbuhan
Menambah kekuatan dan daya tahan tubuh

6. Kalsium

Ikan teri yang masih segar banyak sekali mengandung kalsium. Manfaat kalsium dalam ikan teri, apabila dibandingkan dengan jenis ikan besar lainnya seperti manfaat ikan laut, kita memprediksikan kandungan kalsium dalam ikan teri ini masuk kategori tinggi diantara hewan yang laiinya. Faktanya, dari 100 gr ikan teri, ada 972 mg kalsium yang terkandung di dalamnya.

Bila dibandingkan degan ukuran, jumlah ini termasuk tinggi, lantaran ukuran teri sangat kecil-kecil.

Kalsium yang tersedia di dalam tubuh teri ini hanya perlu ditambah dengan segelas manfaat susu,hal ini sudah cukup memenuhi kebutuhan kalsium tubuh setiap hari.

Ini manfaat kalsium untuk buat tubuh

Baik untuk kesehatan tulang dan kesehatan gigi
Mencegah terjadinya osteoporosis
Memperkuat tuang

7. Fosfor

Tidak diragukan lagi, bahwa ikan teri salah-satu penyumbang fosfor terbanyak untuk kita, fungsinya berdampingan dengan fungsi dari kalsium bagi kesehatan tubuh. Dalam 100 gr ikan teri segar, terdapat kandungan fosfor sekira 253 mg.


Oken kawan-kawan itu saja manfaat ikan teri yang bisa kita bahas untuk sesi kali ini, jangan lupa bagikan untuk rekan yang lain, sebab berbagi itu sangat indah.


Subscribe to receive free email updates: