Makan Buah dan Sayur Bisa Mencegah Stres Pada Wanita

makan buah

Sebuah laporan  dari American Psychological Association mengatakan , sekitar 3 dari 4 orang wanita dewasa setidaknya mengalami stress selama sekali dalam sebulan. Ciri-cirinya, cepat marah, cemas, gugup bahkan sampai depresi. Adakah hal yang bisa mencegah wanita mengalami stress?

dampak serta penyebab stress pada manusia

Stress bukan saja berdampak mengganggu kesehatan mental, nyatanya juga bisa berdampak negatif terhadap kesehatan fisik. Sebuah studi baru-baru ini yang dilaporkan oleh Medical News Today , mengungkapkan bahwa stress yang berat bisa meningkatkan risiko obesitas.Namun menurut penelitian lain menemukan bahwa stress dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes. 

Siapa juga, sih, wanita yang mau dilanda stress dalam hidup? Bukan berarti manusia selalu bisa terserang stress kapan saja. Kamu, para wanita, masih bisa mencegah stress dengan berolahraga, melakukan hobi yang menyenangkan, dan tentunya makan makanan sehat seperti sayur dan buah. Bagaimana sayur dan buah dapat mencegah stress pada wanita?

Kegunaan sayur dan buah mencegah stress yang rentan terjadi pada wanita

Sebuah riset yang baru yang dilakukan oleh Binh Nguyen Ph.D dari University of Sydney yang menyatakan, makan sayur dan buah dapat mencegah stress yang rentan dialami wanita dewasa. Berikut ini perbandingannya:

Orang yang makan 3 hingga 4 porsi sayuran setiap hari, memiliki 12% risiko stress lebih rendah daripada mereka yang makan sayur kurang dari 1 kali sehari.

Orang yang makan 5 hingga 7 porsi buah dan sayuran perhari, memiliki risiko stress 14% lebih rendah daripada mereka yang makan sayur dan buah, namun kurang dari 3 porsi setiap hari.
Wanita yang makan 3 hingga 4 porsi sayuran perhari, memiliki 18% risiko stress lebih rendah daripada wanita yang tidak makan sayur atau buah sama sekali.

Wanita yang makan 2 porsi buah perhari,  memiliki 16% risiko stress lebih rendah daripada wanita yang tidak makan sayur dan buah sama sekali.

Wanita yang mengonsumsi 5 hingga 7 porsi sayur dan buah perhari, memiliki 23% risiko stress lebih rendah daripada wanita yang tidak makan sayur dan buah sama sekali.

Hal itu juga mengindikasikan bahwa asupan sayuran dan buah perhari merupakan cukup perlu. Nyatanya, asupan buah dan sayur mampu menurunkan risiko stres psikologis menjadi lebih rendah. Tapi memang, selalu lebih baik mengimbangi dengan pola hidup yang sehat, jangan berperilaku yang memicu stres, dan terus berpikir positif, demi kelangsungan dan kesejahteraan hidup yang baik.

Subscribe to receive free email updates: